Sabtu, 30 Juli 2016

WRITER’S BLOCK ITU GA APA-APA KOQ

WRITER’S BLOCK ITU GA APA-APA KOQ
Bintang Lestada ( Penulis)
 Workshop “Menulis Itu Mudah”  yang diselenggarakan oleh Klinik Pelangi Cibubur
24 Juli 2016 di Atrium Mal Ciputra Cibubur


Apa itu writer’s block?

Adalah sebuah kondisi yang dialami penulis ketika inspirasi dan kreatifitas mendadak lenyap seketika. Sangat mengesalkan apalagi jika kalian mencoba untuk berkarya kembali. Banyak masalah yang bisa dianggap sebagai kondisi writer’s block seperti susah untuk mendapatkan ide baru, merasa tidak ada kesenangan dalam menulis, hingga tidak dapat berkarya hingga bertahun-tahun. Dan memang ada kondisi seperti itu.

Term ini mulai ada namanya itu dari tahun 1947 oleh seorang analis psikis bernama Edmund Bergler. Dan memang benar adanya bahwa masalah ini betul-betul eksis, bukan hanya sekadar mood swing atau lifestyle. Mengapa ada yang namanya writer’s block? Biasanya terjadi karena timing, ketakutan tersendiri, dan sisi perfeksionisme dalam diri kalian.

Strategi yang terdengar bagus untuk mengalahkan writer’s block pun terkadang malah menjadi sesuatu yang malah makin bikin mandek ide. Contohnya seperti menunggu inspirasi, ngotot pengen bikin draft yang bagus, dan bahkan mencoba untuk expand dari suatu kata khusus seperti ‘pengejawantahan’, berharap bahwa dari kata tersebut, akan ada ide. Tapi pada akhirnya ya, nggak semuanya bisa begitu.

Jangan pernah menyalahkan diri sendiri atas writer’s block yang kalian alami. Berikanlah suatu kebolehan dari diri kalian untuk mengakui bahwa memang ada saatnya writer’s block kalian terjadi. Jangan pernah merasa down karena itu. Penulis seperti F. Scott Fitzgerald hingga Adele pun pernah koq mengalami ini.

Bagaimana cara mengatasinya? Ada banyak tentunya!

1.       Baca koran, nonton berita, apapun yang berlangsung di dunia nyata
2.       Nonton film atau denger musik (personal)
3.       Jalan-jalan sendirian (personal)
4.       Blogwalking
5.       Menulis tentang ketidakadaan ide
6.       Menulis jurnal
7.       Baca buku
8.       Melihati masyarakat (personal)
9.       Bertemu teman-teman (personal)
10.   Merokok atau ngopi (personal)


http://goinswriter.com/how-to-overcome-writers-block/








Tidak ada komentar:

Posting Komentar