Senin, 20 April 2015

Masa pertumbuhan si kecil (Seri Perkembangan Anak @Klinikpelangi)


Masa Pertumbuhan si Kecil

•0-6 bulan

Memasukan benda ke mulut. Menyukai benda bergerak dan berbunyi. Meraih benda dengan dua tangan.

Mainan yang di anjurkan: Rattle, music box, boneka mainan, dan mainan gantung

•7-12 bulan

Mengingat konsep sederhana. Melempar benda. Memegang benda, mengangkat dan meletakan. Mainan yang di anjurkan : Buku bayi, mainan yang mengeluarkan bunyi, mainan yang bisa digigit, bola yang lembut dan soft toys.

•12-18 bulan

Menyusun menara terdiri dari 3 balok. Berjalan tanpa bantuan. Keterampilan tangan dan jari jemari: memutar dan memasang.

•18-24 bulan

Mengetuk-ngetuk dengan palu. Banyak mempergunakan ketrampilan tangan, motorik halus meningkat. Membangun menara dengan 6 balok atau lebih. Belajar memahami bentuk dan warna. Belajar mengelompokkan. Kemampuan musical dan instrumental. Senang membawa dan menggerakkan benda.

Mainan yang dianjurkan untuk usia 12-24 bulan adalah:

Balok kayu, puzzle dengan pegangan, mainan dorong-tarik,

Mainan yang menghasilkan bunyi: xylophone, drum, menyusun gelang, stacking, beads wire, mainan palu-paluan: beat ball, hammer dan boneka bintang

• 2-3,5 tahun

Dapat menyusun menara dengan 8 balok atau lebih. Kendali motorik halus dan koordinasi mata - tangan meningkat. Imajinasi dan kreatif berkembang. Semakin memahami bentuk dan warna. Belajar mengelompokkan, persamaan, perbedaan. Tertarik bermain pura-pura dan imajinasi. Berkembang nya konsep matematis. (baca Juga : Yoga Anak)

Mainan yang di anjurkan untuk usia 2-3 tahun adalah :

Balok kayu, puzzle 4-15 pieces, shape sorter box, mainan pura-pura: play food, kuda kayu, hop-hop animal, meronce manik-manik besar

•3,5-5 tahun

Gemar bermain konstruktif. Jari jemari semakin terampil. Mampu mengingat dengan baik. Mampu bercerita dengan topik. Mulai belajar simbol, huruf, angka. Kreatif berimajinasi dan inovatif.

Mainan yang dianjurkan untuk usia 3-4 tahun adalah:

Balok kayu, puzzle 15-40 pieces, meronce manik-manik, lacing cards (kartu-kartu yang "dijahit" ujungnya dengan benang), art & craft: mosaic, gambar pasir, glass deco, menggambar dengan pola, malam/ plastisin, mainan untuk memperkenalkan alphabet dan bilangan, board game: i play purchase, colorama, color memory, card game: domino, picture lotto (memasangkan dua gambar yang sama).

Mainan yang dianjurkan untuk usia 4-6 tahun adalah:

Puzzle: 40-100 pieces, try to your quick mind, mainan konstruksi, art & craft: membuat gambar dengan bead, mainan untuk mengembangkan keterampilan membaca, board game: ular tangga, intelligence graphics match, memory game, card game: super dominoes

•5-7 tahun

Mulai menerapkan logika dasar untuk memecahkan masalah dan permainan. Dapat memainkan permainan sederhana yang menggunakan papan/ board game dan menggunakan strategi (baca Juga : Phobia)

Mainan yang dianjurkan untuk usia 6 tahun ke atas:

Puzzle: diatas 100 pieces, puzzle cards, variform, pyramid, mainan konstruksi, board game: monopoly, scrabble, 4 in a row, ular tangga, dll, card game: kwartet, uno, mainan asah otak: smart driver, paradise, hide & seek, sudoku, iq logic, kakuro, rubik's cube, dll

•7 tahun keatas

Berkembangnya aspek kognitif. Bisa mengatur strategi & menggunakan logika dalam memecahkan masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar