Senin, 10 April 2017

Skizofrenia


ditulis oleh
Widad Zahra Adiba
Mahasiswa Psikologi Universitas Johannes-Gutenberg Mainz, Jerman
yang saat ini sedang internship di Klinik Pelangi


“Skizofrenia  adalah penyakit mental yang ditandai dengan adanya delusi dan halusinasi.  Penyebabnya bisa dari genetik dan bisa diperkuat dari faktor lingkungan  juga . Jenis dari Skizo berbagai macam seperti skizo paranoid dan skizo afektif , yaitu skizofrenia yang dibarengi dengan episode-episode , misalnya terjadi dua minggu sekali danterjadi hanya dalam beberapa waktu. 

Ciri-ciri penderita skizo adalah muncul delusi dan halusinasi selama 6 bulan konsisten. Delusi yang berbagai macam jenisnya seperti  contoh di kejar-kejar merasa bahwa dia orang penting dan  delusi tersebut biasanya terkait dengan kondisi-kondisi yang dia hadapai seperti  contoh diatas penderita yang merasa ia selalu  diawasi , contoh lain yang umum yaitu  penderita tidak mendapat perhatian dari keluarga atau mendapatkan perhatian tapi dengan cara yang salah , ia diatur sedemikian rupa, sehingga dia merasa terkekang dengan lingkungannya.  

Sedangkan halusinasi yaitu bisa mendengarkan suara atau merasakan  hal-hal yang sebenarnya tidak nyata, seperti contoh mendengar suara bom padahal orang normal tidak bisa mendengar sama sekali . Penderita skizo susah untuk membedakan mana yang nyata dan mana yang bayangannya.

Skizofrenia bisa diobati dengan pemberian obat penghilang halusinasi dan memang harus dikontrol  skala berkala oleh psikolog atau psikiatri hingga sembuh total”, jelas Irene Raflesia, M.Psi,Psikolog Klinis dewasa di Klinik Pelangi
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar